Keranji Creative

Prinsip Interior Rumah Minimalis Modern untuk Hunian Nyaman dan Lega

Artikel 3

Ada banyak hal tentang interior rumah minimalis modern yang melampaui apa yang Anda lihat, misalnya dari berbagai inspirasi desain rumah minimalis di majalah, Instagram, maupun blog. Anda barangkali berpikir minimalis adalah soal kontras, tapi minimalis melihat kesederhanaan. Atau, Anda mungkin beranggapan bahwa gaya minimalis terkesan “dingin” dan membosankan, tapi minimalis sendiri sebenarnya menarik dan menonjolkan detail yang berkilau.

Anggapan-anggapan tersebut bukannya tanpa alasan. Pasalnya, diketahui bahwa rata-rata masing-masing rumah tangga memiliki setidaknya 300.000 barang, bahkan lebih. Hasilnya, rata-rata tiap orang menghabiskan total 12 hari untuk mencari barang yang akhirnya tak juga ditemukan di rumahnya sendiri. Apakah Anda juga sering mengalaminya?

Sementara itu, seni dari minimalisme mencakup lebih dari sekadar desain rumah, dan merupakan bagian dari gaya hidup. Gaya hidup minimalis sendiri secara garis besar merupakan gaya hidup dengan berbagai manfaat, seperti kepuasan yang lebih tinggi, tingkat stress yang lebih rendah, serta lebih banyak kebebasan.

Ada sentuhan menarik di dalam kesederhanaan, termasuk di dalam gaya modern minimalis. Hanya saja, seperti halnya dengan gaya desain interior lainnya, ada serangkaian keahlian yang dibutuhkan pula untuk mewujudkan tampilan sederhana nan menarik ini. Di samping itu, ada pula tujuan yang jelas dibalik setiap keputusan dalam penataan interior rumah modern minimalis.

Kali ini, Anda bisa temukan 9 prinsip desain minimalis yang bisa jadi panduan bagi Anda yang ingin menjajal gaya ini untuk hunian yang terasa lebih lega, lapang, dan tentunya tetap nyaman.

Berinvestasi pada Perlengkapan Berkualitas

Meskipun ada beberapa pergerakan minimalis yang menekankan soal pengiritan, desain interior minimalis tak selamanya berarti menghemat pengeluaran. Buktinya, lihat saja berbagai design interior apartemen minimalis mewah yang bisa Anda temukan di internet atau Instagram.

Dan dari beragam inspirasi dan foto-foto yang dapat Anda temukan, Anda bisa temukan perlengkapan berkualitas dengan tampilan serta desain yang estetis. Contohnya desain fitting lampu yang unik, lemari penyimpanan berkualitas tinggi, dan sofa dengan desain sederhana namun punya build yang kokoh. Hasilnya adalah ruangan yang langsung terlihat berkelas tanpa harus repot-repot menambahkan dekorasi lagi.

Pilih Material yang Beragam

Gaya desain minimalis tak berarti memaksa Anda untuk harus menggunakan warna dan tekstur yang sama, terutama dari jenis material furnitur dan elemen lainnya yang digunakan di dalam ruangan.

Meskipun secara tradisional prinsip desain minimalisme menonjolkan skema warna yang redup serta tambahan tekstur dengan beragam jenis material – kayu, kaca, anyaman, kanvas, kain, dan sebagainya – minimalisme pada dasarnya adalah soal menggabungkan bentuk dan fungsi (form and function). dan dengan beragam tekstur yang ada pada barang-barang yang benar-benar bermanfaat di dalam rumah, hal tersebut dapat terwujud dengan mudah – sofa, bantal sofa, karpet, dan lainnya.

Memilih Furnitur dengan Tampilan Menonjol

Apabila kelak Anda memutuskan untuk menjajal interior rumah minimalis modern dan kebingungan soal apa hal pertama yang perlu Anda lakukan, coba cara yang satu ini: pilih furnitur yang menonjol, dan jadikan pusat perhatian. Misalnya dengan memilih furnitur yang warnanya paling mencolok, kemudian atur elemen-elemen lain seperti lampu, meja, atau pot tanaman di sekelilingnya.

Tak perlu ragu untuk memilih warna yang terang, karena hal ini bukan berarti Anda membawa masuk “kekacauan” di dunia minimalis rumah Anda. Misalnya sofa kuning terang di dalam ruangan bernuansa putih atau krem. Yang perlu Anda ingat adalah selalu mempertahankan prinsip bentuk dan fungsi, serta menerapkan garis batas yang jelas yang menghubungkan elemen-elemen desain rumah Anda.

Gunakan Karya Seni untuk Mendominasi

Meskipun kelihatannya seperti melawan aturan desain minimalis, nyatanya memajang sebuah karya seni berukuran besar di sebuah ruangan dapat memberi dampak luar biasa pada ruangan tersebut. Karya seni tersebut bisa berupa lukisan, foto, maupun ukiran. Anda pun bisa tambahkan warna lewat karya seni tersebut, sehingga sisanya dapat dijaga seminimalis mungkin, seperti pemilihan skema warna interior, furnitur, dan lampu.

Tambahkan Elemen-Elemen Aksen

Coba campurkan dekorasi berwarna netral seperti abu-abu dan beige, dengan elemen lain yang punya warna kontras, seperti karya seni maupun furniture yang sudah disinggung di atas. Cara lainnya adalah dengan menambahkan feature atau accent wall, alias satu sisi dinding yang sengaja dicat dan didekorasi berbeda dengan tiga sisi dinding lainnya.

Elemen aksen bisa menambahkan elemen kejutan di dalam ruangan. Dan serupa dengan penambahan karya seni berukuran besar, hal ini tak berarti Anda membawa masuk kekacauan di dalam ruangan minimalis Anda. Justru, dengan sentuhan minimalis di penjuru ruangan, elemen aksen ini bisa menonjol dengan begitu mudahnya.

Furnitur yang Sederhana

Dengan adanya beragam pilihan furnitur yang ada di pasaran, Anda bisa temukan berbagai jenis, termasuk dari segi desain dan penampilannya. Untuk interior design rumah minimalis, usahakan untuk mempertahankan desain furnitur yang sederhana, namun tetap fungsional. Dengan begitu, Anda bisa membiarkan elemen-elemen lain menjadi pusat perhatian, seperti karya seni, feature wall, maupun elemen aksen lainnya.

Bawa Masuk Pemandangan dari Luar

Apakah rumah Anda terletak di lokasi dengan panorama yang luar biasa? Kalau iya, jangan ragu untuk membawa masuk pemandangan tersebut dengan pemasangan pintu geser atau jendela berukuran besar pada ruangan tertentu – misal kamar tidur utama atau ruang tamu.

Kemudian, fokus pada kesederhanaan desain dalam hunian minimalis Anda agar pemandangan tersebut bisa benar-benar menjadi fokus utama di dalam ruangan. Pilihlah furnitur yang punya desain sederhana, dan singkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan di dalam ruangan. Anda bisa tambahkan satu atau dua tanaman indoor, serta beberapa karya seni untuk melengkapi tampilan modern dan minimalis ruangan.

Sediakan Ruang Terbuka yang Cukup Banyak

Dalam hal desain interior bergaya minimalis modern, Anda perlu menahan godaan untuk mengisi setiap jengkal ruang yang ada dengan berbagai macam barang maupun furnitur hanya karena Anda merasa ada ruang yang cukup.

Salah satu karakteristik utama dari desain interior modern, dan yang juga menjadi tujuan utamanya, adalah membiarkan ruang bebas terbuka. Hal ini pula yang mampu menciptakan kesan lega dan lapang di dalam hunian bergaya modern minimalis. Bahkan, di area utama seperti ruang tengah, ruang tamu, dan ruang makan plus dapur, tak jarang interiornya dibuka begitu saja tanpa penambahan dinding maupun partisi lainnya.

Gunakan Lampu Sebagai Dekorasi

Dalam gaya modern minimalis, sama sekali tak ada salahnya jika Anda ingin menambahkan lampu dengan bentuk yang menarik dan artistik. Meskipun kandelir alias chandelier si lampu gantung super besar itu dianggap bukan pilihan ideal untuk desain minimalis, bukan berarti Anda kehabisan pilihan, kok. Masih ada berbagai jenis lighting fixture lainnya, seperti lampu gantung, lampu dinding, hingga lampu spotlight.

Itulah 9 elemen interior rumah minimalis modern yang pasti bisa dengan mudah Anda identifikasi di berbagai inspirasi desain hunian dengan gaya yang sama. Semoga informasi di atas membantu Anda memulai langkah awal untuk membawa masuk desain minimalis modern ke dalam hunian Anda, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat