Keranji Creative

10 Tips dan Trik dalam Mengoptimalkan Desain Interior Rumah Kecil

Desain Interior Rumah Kecil

Pemilihan desain interior rumah kecil bakal menentukan nilai estetika, kenyamanan, hingga keselamatan Anda. Sayangnya, keterbatasan ruang kerap dikeluhkan, karena beberapa orang merasa tak leluasa saat mengatur interior. Akibatnya, Anda bakal kesulitan beraktivitas dan tidak betah selama berada di rumah.

Namun, bukan berarti rumah mungil tak bisa Anda sulap jadi hunian idaman, lho. Dengan trik yang tepat, Anda bakal mendapatkan tempat tinggal yang bukan cuma indah dipandang, melainkan juga nyaman dihuni. Untuk menyiasatinya, berikut sejumlah tip mengakali interior rumah kecil!

1.Permainan warna cerah buat cat dinding

Anda pasti sudah sering mendengar seputar kombinasi warna yang membantu memberikan kesan tertentu pada interior rumah. Hal ini berlaku juga saat Anda akan mengaplikasikan cat dinding untuk ruangan kecil atau sempit supaya tampak lebih luas.

Menurut sejumlah ahli arsitektur dan desainer interior, warna terang atau cerah seperti putih direkomendasikan untuk hunian dengan lahan terbatas. Warna-warna lain seperti hazelnut, pastel, kuning mustard, clay, hingga hijau yang diprediksi tren sepanjang 2020 bisa Anda gunakan untuk desain interior rumah sederhana.

2.Hindari peletakkan furnitur merapat ke dinding

Penataan furnitur turut berdampak pada desain interior yang Anda aplikasikan. Untuk ukuran, perabot untuk rumah kecil sebaiknya jangan terlalu besar karena akan menghabiskan banyak tempat. Anda sebaiknya memilih furnitur multifungsi, terutama kalau punya barang yang lumayan banyak.

Sementara untuk penempatan, pastikan furnitur-furnitur tadi tak terlalu merapat ke dinding. Berikan celah untuk bernapas. Selain itu, berkas cahaya yang jatuh ke celah tersebut akan menciptakan bayangan dari perabot yang nantinya menciptakan ilusi persepsi pada ruangan. Hasilnya, interior rumah bakal tampak lebih luas.

3.‘Perluas’ ruangan dengan memasang cermin

Jika Anda perhatikan, toko, salon, atau kafe yang punya ruangan kecil pasti punya setidaknya satu cermin terpasang di dinding. Kadang mereka memasangnya memanjang dengan tujuan memberikan ilusi persepsi seperti pada poin sebelumnya. Nah, Anda juga bisa pakai trik ini di rumah.

Memperluas ruangan dengan cermin sudah dipraktikkan banyak orang dengan tujuan estetika hingga memberikan kesan lebih luas. Anda dapat memulainya dengan membeli cermin pas tubuh, lalu simpan di pojok ruangan. Kalau interior rumah minimalis sederhana yang ditempati sempit, siasati dengan menggantung beberapa cermin ukuran sedang bersebelahan.

4.Gunakan sekat/pembatas ruangan secukupnya

Memasang sekat atau pembatas ruangan memang terdengar lebih praktis dibanding membangun dinding. Namun, Anda harus cermat saat mengaplikasikannya dalam hunian minimalis. Salah atau kurang tepat mengaturnya hanya akan membuat ruangan semakin sempit.

Anda dapat memakai sekat fungsional atau yang terbuat dari kaca agar kesan luas pada ruangan terjaga. Trik lainnya yang bisa diaplikasikan tanpa harus menggunakan pembatas adalah memakai karpet dengan warna atau pola berbeda. Pengaturan tersebut tak akan mengurangi nilai estetika dan tetap memberikan batas jelas pada siapa pun yang berkunjung ke rumah.

5.Pakai karpet dengan motif pola berulang

Menyambung dari poin sebelumnya, karpet adalah item yang bakal mempercantik desain interior. Khusus untuk hunian minimalis atau kecil, karpet dengan motif pola berulang adalah yang paling direkomendasikan kalau Anda tak mau memberikan ilusi sempit pada ruangan.

Dalam desain interior rumah kecil, letakkan karpet berpola ulang di bawah meja ruang tamu. Anda juga dapat menjadikannya sebagai alas perabot seperti lemari, tempat tidur, dan sofa. Walau tampak simpel dan mudah, penempatan tersebut termasuk trik ilusi mata yang akan membuat interior lebih cerah dan tak sesak.

6.Wallpaper sebagai opsi alternatif cat dinding

Sebagai elemen yang mendominasi interior rumah, dinding membutuhkan perhatian khusus dalam tata ruang. Memolesnya dengan cat adalah langkah yang paling sering diambil. Sementara bagi Anda yang tak mau repot dapat memakai opsi alternatif seperti memasang wallpaper.

Lantas, wallpaper seperti apa yang sebaiknya dipakai buat rumah mungil? Pilihlah wallpaper warna terang atau netral yang bakal membuat ruangan lebih lapang. Sesuaikan juga dengan warna perabot yang Anda tempatkan di ruangan. Wallpaper dengan motif sederhana pun akan menyelamatkan interior dari tampilan membosankan.

7.Pasang ubin lantai pola garis-garis

Pola garis-garis atau strip yang dijumpai dalam berbagai desain akan memberikan kesan tertentu. Pada pakaian, misalnya, pola strip vertikal akan membuat tubuh Anda terlihat lebih tinggi dan langsing. Lalu, bagaimana kalau pola strip diterapkan dalam desain interior rumah sederhana?

Untuk menghasilkan kesan lebar atau luas, gunakan pola garis horizontal alih-alih vertikal. Anda bisa mengaplikasikannya pada ubin lantai yang hendak dipasang di ruangan. Pastikan setiap pola atau motifnya tidak putus supaya ilusi mata yang diciptakan tidak gagal. Sementara pola strip vertikal bisa dipakai untuk wallpaper.

8.Memasang jendela dengan tirai besar

Sebagian besar hunian minimalis memainkan peran jendela untuk membuat ruangan kian luas dan cerah. Memasang jendela besar nan panjang akan memberikan Anda pencahayaan matahari lebih maksimal, sehingga Anda tak akan tergantung terus pada lampu atau pencahayaan artifisial lainnya.

Sementara tirai atau gorden besar yang dipasang dekat langit-langit akan memberikan kesan tinggi pada interior rumah. Pastikan warna gorden atau tirai tersebut selaras dengan cat dinding atau wallpaper yang Anda gunakan. Motif atau pola yang tak terlalu kompleks masih diizinkan selama tidak mengganggu desain interior.

9.Meminimalkan penggunaan pintu

Dalam hal ini pintu yang dimaksud bukan pintu utama di bagian muka rumah, melainkan pintu yang difungsikan sebagai pemisah antar-ruangan. Misalnya, antara ruang keluarga dengan ruang makan. Hal ini lumayan mengganggu saat diterapkan di rumah kecil, sebab akan terlihat semakin sempit.

Sebaiknya Anda meminimalkan pemakaian pintu pada rumah minimalis. Selain menciptakan kesan luas, hal ini akan melancarkan sirkulasi udara dalam ruangan terbatas. Anda dapat memanfaatkan sekat atau pemakaian karpet maupun lantai dengan motif berbeda sebagai penanda. Ambalan kayu yang dijadikan sebagai rak buku adalah elemen lain yang bisa dipakai sebagai pengganti pintu.

10.Hias plafon dengan wall art atau stiker khusus

Langit-langit rumah atau plafon sering kali dilupakan dalam desain interior, padahal komponen ini dapat mempengaruhi keindahan ruangan juga. Menghias plafon ternyata akan membuat mata lebih fokus ke bagian atas rumah dan menciptakan kesan tinggi.

Anda bisa memanfaatkan wall art atau stiker khusus untuk menghasilkan ilusi perspektif pada ruangan secara vertikal. Misalnya dengan permainan motif dan elemen yang kontras dengan item-item di ruangan tersebut. Ingat, jangan terlalu ramai kalau Anda mau mempertahankan sentuhan sederhana, tetapi elegan pada hunian minimalis tadi.

Demikian sepuluh hal yang perlu Anda perhatikan saat menata ruangan dalam rumah sederhana. Mudah-mudahan Anda dapat menerapkan desain interior rumah kecil sesuai kebutuhan dan bujet yang sudah lama disiapkan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat